Forum Diskusi Nasional & Ulang Tahun MASKEEI – 15 Des 2015
January 12, 2016
Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) Indonesia
June 19, 2016
Show all

Pendidikan Energi Efisiensi bagi Professional Indonesia

By Lestari Suryandari

MASKEEI bekerjasama dengan JEITA, mengadakan kursus 2 hari berjudul JEITA Advanced Course on Energy Savings Solutions tentang aplikasi Praktik Penghematan Energi menggunakan Smart System. Kursus yang diselenggarakan Rabu-Kamis, 16-17 Desember 2015 ini diselenggarakan di Financial Club, Graha Niaga, DKI Jakarta ini bertujuan meningkatkan kompetensi para professional industry bangunan dan Industri di Indonesia dalam aplikasi Energi Efisensi dengan menggunakan Smart System. Menghadiri kursus ini adalah para professional baik perencana, konsultan, wakil industry manufaktur, akademisi dan pebisnis dari Jabodetabek yang memiliki skala bisnis Nasional.

 

Kursus yang mendapatkan sambutan luar biasa dari professional ini, menggelar materi yang sangat padat dan tepat pada sasaran. Para trainer yang berlatar belakang professional dari Jepang ini, membahas tuntas teknik pengematan energy, dari mulai cara memandang suatu system, peluang penghematan dari suatu pabrik atau bangunan, teknik effisiensi energy hingga berbagai mitos tentang energy terbarukan serta cara aplikasinya pada berbagai fasilitas. Praktik-praktik ini juga dibingkai dengan penerapan smart system sehingga menjadi lebih akurat dan mudah dalam manajemennya, dibantu contoh kasus yang terbaru dan nyata aplikasinya. Para peserta yang memang professional yang sudah berpengalaman dengan kondisi bisnis Indonesia keluar dari ruang kelas dengan sikap optimis dan percaya diri, sudah tidak sabar untuk segera mempraktikan ilmu yang diterimanya di ruang kelas.

Ketua MASKEEI Bapak Jon Respati sangat gembira dengan sambutan peserta. Beliau mengungkapkan “ kami sangat gambira dengan sambutan antusias peserta, terbukti dari kapasitas ruangan 50 orang peserta yang akhirnya hadir melebihi kapasitas. Pertanyaan yang diajukan kepada para trainer juga berbobot dan mengarah kepada aplikasi. Ini membuktikan industry di Indonesia sudah siap untuk melakukan praktik energy effisiensi.” Mengenai capacity building para professional Indonesia beliau memaparkan, “MASKEEI berencana untuk mengadakan berbagai kursus lanjutan untuk mendukung praktik energy effisiensi dengan bekerjasama dengan berbagai pihak. Kami sebagai mitra pemerintah dalam mensukseskan program Penghematan Energi Nasional sebesar 15 persen pada 2020.”

Mengenai Agenda MASKEEI di 2016 Jon Respati menambahkan. “Agenda kami tidak terbatas dengan capacity building, juga termasuk sosialisasi berbagai praktik baru seperti pembiayaan proyek energi effisiensi berdasar kontrak kinerja (ESPC/ESCO), Manajemen Energi, berbagai FGD untuk penyusunan kebijakan energy kepada pemerintah daerah, stake holder dan masyarakat umum”. Beliau menambahkan “Semua ini merupakan agenda urgent yang harus disegerakan untuk menghadapi krisis energy Indonesia. Cadangan energy fossil hanya cukup hingga 20 tahun kedepan, sedangkan kita belum mulai melakukan terobosan yang signifikan. Kita sangat tertinggal dengan Negara tentangga Singapura dan Malaysia yang sudah memiliki Building Code dan sertifikasi material hemat energy/Green Material”. “Untuk itu kami sebagai bermitra dengan Kementrian ESDM untuk dapat bergerak lintas sector dan bidang mendorong percepatan kebangkitan sector Industri Indonesia untuk menuju kepada Effisiensi Energi” tandasnya.